MENGHITUNG CEPAT (1)

Banyak dari kita kesulitan menghitung, bahkan melihatnya saja pun mungkin kita sudah pusing. Tapi sebenarnya untuk operasi penghitungan angka sederhana seperti tambah (+), kurang (–), kali (x), dan bagi (:), tidaklah sulit jika anda mau MULAI mengerjakan. Diantara penyebab yang paling umum yang saya lihat adalah karena anak ini tidak benar-benar mengerti maksud angka dan soal.

Disini akan diberikan materi pemahaman singkat, pengerjaan cepat, dan contoh-contoh aplikatif. Diantara cara menghitung cepat tersebut adalah,

Distributif

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah ini di SD atau SMP dulu.
Saya jadi teringat cerita, begini:

Ibu saya memberikan saya 4 kotak kardus. Ibu bilang isinya ada 5 hewan, lalu saya senang dan menghitung jumlah hewan yang saya punya di kepala saya
4 kotak x 5 hewan tiap kotak = 20 hewan (4 x 5 = 20)

Lalu ibu bilang 5 hewan tersebut adalah 2 ayam dan 3 bebek.
(Ya ampun! pantas saja jumlahnya 5 karena 5 = 2 + 3)

Kemudian saya menghitung jumlah ayam yang saya punya,
4 kotak x 2 ayam tiap kotak = 8 ayam (4 x 2 = 8)

dan saya menghitung jumlah bebeknya,
4 kotak x 3 bebek tiap kotak = 12 bebek (4 x 3 = 12)

Lalu saya cek jumlah ayam dan bebek yang saya punya.
8 ayam + 12 bebek = 20 hewan (8 + 12 = 20)

Saat itu saya kaget sekali ternyata jumlahnya 20 juga padahal cara menghitungnya beda kemudian saya telusuri lagi penghitungan saya tadi dan mendapatkan,

4 kotak x (2 ayam + 3 bebek) = (4 kotak x 2 ayam) + (4 kotak x 3 bebek)

lalu saya kerjakan seperti tadi karena masih belum percaya.
= 4 x (2 + 3) = (4 x 2) + (4 x 3)
= 4 x 5 = (8) +(12)
= 20 = 20

Tinggalkan Balasan

