Bahaya Tersembunyi Vitamin A

Vitamin A berfungsi banyak bagi tubuh seperti menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan sistem reproduksi, mendorong pertumbuhan serta mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Tapi ada bahaya tersembunyi jika mengonsumsi kurang atau lebih vitamin A tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru yang diterbitkan dalam FASEB Journal menunjukkan bahwa vitamin A memainkan peranan yang penting dalam produksi energi dalam sel. Untuk itu harus diperhatikan kombinasi sumber vitamin A dari makanan, minuman, krim ataupun suplemen gizi sehingga tidak membuat orang mengonsumsinya secara berlebihan.

“Tugas kami adalah memberikan orang pencerahan mengenai nilai dan potensi bahaya dari krim kosmetik atau suplemen gizi yang mengandung vitamin A,” ujar Ulrich Hammerling dari Sloan-Kettering Institute for Cancer Research di New York, seperti dikutip dari EurekAlert, Senin (12/10/2009).

Hammerling menjelaskan meskipun saat ini penyakit kekurangan vitamin A masih jarang terjadi dalam lingkungan masyarakat, tapi jika penggunaannya berlebihan dapat menyebabkan produksi energinya menjadi tidak teratur yang akan mempengaruhi pertumbuhan sel dan bisa berakibat kematian sel serta dapat membahayakan organ-organ tubuh lainnya. Walaupun hampir semua orang sudah tahu mengenai pentingnya vitamin A bagi nutrisi manusia dan perkembangan janin.

Dalam melakukan penelitiannya, peneliti menggunakan sel manusia dan sel tikus yang mengandung modifikasi genetik spesifik dari jalur kimia yang terlibat dalam produksi energi di mitokondria. Peneliti akan membandingkan pertumbuhan dari sel-sel yang diberi vitamin A dengan yang tidak serta memeriksa dampaknya pada berbagai tahap produksi energi.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komponen kunci dari vitamin A yaitu retinol, sangat penting dalam hal keserasian metabolisme dari mitokondria dan sebagai sensor gizi untuk pembentukkan energi dalam sel. Ketika vitamin A yang masuk terlalu sedikit atau terlalu banyak, maka mitokondria tidak akan berfungsi dengan baik sehingga membahayakan organ-organ yang ada di tubuh.

Vitamin A memang berfungsi banyak bagi tubuh tapi kadar vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh tidaklah banyak, hanya sekitar 0.7 gram saja dan maksimal 3 gram per hari.

Untuk itu perhatikan kandungan vitamin A yang berasal dari segala sesutau yang dikonsumsi atau digunakan, agar porsinya tidak kurang dan tidak berlebihan sehingga tubuh bisa bekerja dengan normal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: