Tempat Nongkrong Favorit Kuman di Rumah

Kuman seperti virus, bakteri atau jamur bisa hidup di beberapa tempat yang tak terduga oleh manusia, meskipun tempat tersebut terlihat sudah bersih. Mana saja tempat nongkrong kuman paling banyak di rumah?

Orang sering menduga kamar mandi tempat paling kotor, ternyata itu salah. Masih ada yang lebih kotor dibanding kamar mandi.

“Seseorang akan berpikir bisa menjadi sakit jika mengambil suatu barang yang sudah jatuh di kamar mandi. Padahal kamar mandi mungkin menjadi tempat yang lebih bersih dibandingkan dengan wastafel dapur,” ujar Eileen bruzzo, direktur pengendalian infeksi di Long Island College Hospital of Brooklyn, New York , seperti dikutip dari WebMD, Rabu (7/4/2010).

Tempat nongkrong kuman paling banyak di rumah adalah:

1. Wastafel dapur
Partikel makanan yang tertinggal di piring akan dibilas atau direndam hingga terbuang dalam wastafel. Tapi selama perjalanan tersebut kemungkinan bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang dapat menyebabkan penyakit seperti E.coli dan salmonella. Bakteri ini dapat menempel di tangan atau menyebar di makanan.

“Meskipun kebanyakan orang mengambil langkah untuk membasmi kuman yang ada dalam toilet, tapi beberapa wastafel dapur juga harus dipertimbangkan dengan cara pembersihan yang sama. Karena beberapa orang menganggap bahwa tempat tersebut sudah bersih, padahal tidak,” ungkap Abruzzo.

Abruzzo menyarankan agar selalu membersihkan wastafel dapur untuk mencegah penyebaran kuman. Salah satu caranya bisa dengan mencuci wastafel dapur dengan larutan pemutih dan dibilas menggunakan air setiap harinya, kemudian mengeringkan sisa-sisa yang ada. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan sumbatan di wastafel dapur.

2. Sikat gigi.
Karena tak banyak orang yang memperhatikan kebersihan dari sikat giginya, banyak orang yang menyimpan sikat gigi dalam keadaan lembab, padahal kondisi ini sangat memungkinkan kuman untuk tumbuh dan berkembang.

3. Remote televisi
Karena remote adalah salah satu barang yang paling sering disentuh oleh banyak orang sehingga memudahkan penyebaran kuman. Selain remote televisi, keyboard komputer juga diketahui bisa menjadi penyebar kuman.

4. Kamar mandi yang menjadi tempat penyebaran kuman, karena tempat ini terbilang cukup lembab sehingga menjadi tempat yang baik dan kondusif untuk perkembangbiakan bakteri dan kuman. Karenanya usahakan untuk memberikan sirkulasi yang tepat di kamar mandi sehingga udara di dalamnya tidak terlalu lembab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: