Cokelat Hitam Baik untuk Sirosis Hati

Cokelat hitam punya banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya mampu mengatasi sirosis hati seperti terungkap dalam sebuah studi baru-baru ini. Jika dikembangkan lebih lanjut, kita boleh berharap suatu saat dokter akan meresepkan sebatang cokelat pada penderita penyakit tersebut.

Dilansir dari ScienceDaily, Selasa (20/4/2010) cokelat hitam terbukti mampu mengurangi kerusakan pembuluh darah pada penderita sirosis hati. Manfaat lainnya adalah mencegah kenaikan tekanan darah post-prandial (setelah makan) di daerah abdominal.

Sirosis merupakan kondisi perlukaan pada hati, sebagai akibat dari kerusakan yang terus menerus dalam waktu yang lama. Pada kondisi tersebut, sirkulasi darah di hati terganggu oleh adanya tekanan oksidatif dan berkurangnya sistem antioksidan. Akibatnya, tekanan darah di hati meningkat dan terjadilah hipertensi portal.

Meningkatnya tekanan darah di daerah abdominal (perut) sesudah makan cenderung memperparah kondisi tersebut, dan risiko terburuk yang mungkin terjadi adalah pecahnya pembuluh darah. Kandungan antioksidan berupa flavanoid pada kakao bisa mencegah hal itu.

Sebuah penelitian dilakukan untuk membuktikan hal itu. Hasil penelitian tersebut telah dipresentasikan pada 15 April di ajang International Liver Congress 2010 di Wina, Austria.

Sebanyak 21 penderita sirosis hati dilibatkan, terbagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama sebanyak 10 orang diberi makanan cair berisi cokelat hitam yang mengandung 85 persen kakao. Kelompok berikutnya terdiri dari 11 orang, mendapat makanan cair berisi cokelat putih yang tidak memiliki kandungan kakao.

Tekanan arteri, aliran darah dan tekanan darah di hati diukur pada awal pengamatan dan 30 menit setelah makan. Hasilnya, pasien yang mengkonsumsi cokelat hitam lebih sedikit mengalami peningkatan aliran darah (PBF = Portal Blood Flow). Dengan cokelat hitam, PBF hanya naik 24 persen sementara dengan cokelat putih 34 persen.

Peningkatan tekanan darah post-prandial di hati juga menunjukkan perbedaan yang signifikan. Pada pasien yang mengkonsumsi cokelat hitam peningkatannya hanya 10,3 sampai 16,3 persen. Sementara pada pasien yang mendapat asupan cokelat putih mencapai 26,3 sampai 12,7 persen.

“Penelitian ini berhasil membuktikan kaitan yang nyata antara konsumsi cokelat hitam dengan hipertensi portal. Bagi penanganan sirosis hati, ini adalah kemajuan yang potensial untuk meminimalkan onset serta dampak maupun risiko kematian yang ditimbulkannya,” ungkap Prof. Mark Thursz, MD FRCP, pakar hepatologi di Imperial College London.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: