Cara Lidah Merasakan Minuman Bersoda

Saat mengonsumsi minuman bersoda, lidah kita akan merasakan sensasi tersendiri karena adanya gelembung-gelembung udara dari minuman itu yang masuk ke mulut. Bagaimana lidah bisa merasakan sensasi itu?

Seharusnya lidah manusia hanya bisa merasakan 5 jenis rasa saja yaitu rasa pahit, asam, manis, asin dan rasa lezat. Sedangkan jika kita mengonsumsi minuman bersoda seharusnya lidah tidak dapat merasakan sensasi gelembung-gelembung udara tersebut. Namun pada kenyataannya manusia bisa merasakannya.

Berdasarkan hasil yang dilaporkan dalam jurnal Science, peneliti mencoba memberikan penjelasan bagaimana lidah bisa merasakan karbondioksida yang diberikan dalam minuman berkarbonasi tersebut, ternyata didapatkan bahwa sensasi yang dirasakan oleh lidah bukan berasal dari gelembung karbonasi itu sendiri.

“Sensasi yang muncul tersebut berasal dari enzim yang dihasilkan pada sensor rasa asam di lidah dan berinteraksi dengan karbondioksida dari minuman,” ujar seorang peneliti dari University of California, di San Diego dan National Institutes of Health, seperti dikutip dari Health24, Senin (19/10/2009).

Hasil ini berdasarkan dari penelitian yang dilakukan pada tikus, karena tikus memiliki rasa seperti manusia. Peneliti memberikan tikus tersebut air soda atau dengungan gas karbondioksida, lalu peneliti mencatat bagaimana lidah memberikan tanda sensasi tersebut ke otak. Didapatkan sensasi yang sama antara minuman bersoda dan dengungan gas tersebut.

Tapi ketika peeneliti menguji tikus yang telah dikembangbiakkan tanpa memiliki sensor rasa asam, maka otak tidak menerima sinyal sensor apapun. Dan setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, peneliti menemukan bahwa enzim itulah yang sebenarnya bertanggung jawab terhadap sensasi yang ditimbulkan.

Selain itu, karbondioksida juga dapat menstimulasi sel somatosensory yang terdapat di mulut sehingga memberikan sensasi sentuhan tersendiri. Jadi munculnya rasa yang berbeda saat mengonsumsi minuman bersoda merupakan hasil dari kombinasi yang unik antar keduanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: